BISNIS MLM - Multi Level Marketing

Bisnis MLM (Multi Level Marketing) yang lahir pada tahun 1939  merupakan kreasi dan inovasi marketing yang melibatkan masyarakat konsumen dalam kegiatan usaha pemasaran dengan tujuan agar masyarakat konsumen dapat menikmati tidak saja manfaat produk, tetapi juga manfaat finansial dalam bentuk insentif dan hadiah-hadiah.

BISNIS MLM - Multi Level Marketing

Pakar marketing ternama  Don Failla, membagi  marketing menjadi :
  1. Retail (eceran), 
  2. Direct selling (penjualan langsung ke konsumen), 
  3. Multi level marketing (Sistem MLM) pemasaran berjenjang melalui jaringan distribusi yang dibangun dengan memposisikan pelanggan sekaligus sebagai tenaga pemasaran.

Pengertian Sistem MLM (Multi Level Marketing) 
Sistem MLM adalah sistem penjualan yang memanfaatkan konsumen sebagai tenaga penyalur secara langsung.
Sistem penjualan ini menggunakan beberapa level (tingkatan) di dalam pemasaran barang dagangannya.

Promotor (upline) adalah anggota yang sudah mendapatkan hak keanggotaan terlebih dahulu.
sedangkan bawahan (downline) adalah anggota baru yang mendaftar atau direkrut oleh promotor. 

Pada beberapa sistem tertentu, jenjang keanggotaan ini bisa berubah-ubah sesuai dengan syarat pembayaran atau pembelian tertentu.

Komisi yang diberikan dalam pemasaran berjenjang dihitung berdasarkan banyaknya jasa distribusi yang otomatis terjadi jika bawahan melakukan pembelian barang. Promotor akan mendapatkan bagian komisi tertentu sebagai bentuk balas jasa atas perekrutan bawahan.

Harga barang yang ditawarkan di tingkat konsumen adalah harga produksi ditambah komisi yang menjadi hak konsumen karena secara tidak langsung telah membantu kelancaran distribusi.

Bisnis MLM
Untuk menjadi keanggotaan MLM (Multi Level Marketing) 
seseorang biasanya diharuskan mengisi formulir dan membayar uang dalam jumlah tertentu dan kadang diharuskan membeli produk tertentu dari perusahaan MLM tersebut, tetapi kadang ada yang tidak mensyaratkan untuk membeli produk tersebut. Pembayaran dan pembelian produk tersebut sebagai syarat untuk mendapatkan point tertentu.

Point bisa didapatkan oleh anggota jika ada pembelian langsung dari produk yang dipasarkan, maupun melalui pembelian tidak langsung melalui jaringan keanggotaan. Tetapi kadang point bisa diperoleh tanpa pembelian produk, namun dilihat dari banyak dan sedikitnya anggota yang bisa direkrut oleh orang tersebut.

Menarik atau tidaknya Bisnis MLM ini bergantung sudut pandang anda melihat Bisnis MLM sebagai Peluang Usaha yang sangat bisa dikerjakan dan memiliki prospek cerah.

BACA JUGA : Testimoni Pelaku Bisnis MLM

Demikianlah ulasan artikel " BISNIS MLM - Multi Level Marketing ". Semoga bermanfaat bagi pembaca. Kuncinya "Berani mengambil keputusan".

Selamat mencoba....Semoga Sukses...Aminnnn.. 

Artikel Lainnya : Klik Disini
Jika anda merasa artikel ini bermanfaat untuk anda, mohon di share agar artikel ini juga bermanfaat buat orang lain. Silahkan pilih logo Sosial Media dibawah ini. " Indahnya Berbagi " ....Terima kasih
Share
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Blog Archives

Peluang Bisnis


Copyright © 2015 - 2018 Blog Informasi Aneka Bisnis dan Usaha.
Design by 2H. Published by Amirullah Yunus. Powered by Blogger.
Creative Commons License