Jasa Usaha Fotocopy Tidak Ada Matinya

Usaha Fotocopy Tidak Ada Matinya - Bisnis di bidang mengganda dokumen ini merupakan salah satu jenis usaha yang dapat dikatakan tidak ada matinya. Usaha ini telah ada sejak lama dan ke depan akan terus ada karena dipastikan pengguna jasa ini juga tidak akan pernah hilang.
Usaha Fotocopy

Banyak orang dari berbagai kalangan yang membutuhkan jasa fotocopy untuk berbagai keperluan. Jadi, jika Anda sedang mencari peluang bisnis yang mudah dijalankan, tetapi menjanjikan pendapatan yang layak, Anda dapat memilih untuk membuka usaha fotocopy.

Berikut adalah langkah sukses membuka dan menjalankan usaha fotocopy.
1. Memilih lokasi yang strategis.
2. Riset harga.
3. Menggunakan mesin fotocopy dengan kualitas baik.
4. Mesin fotocopy tidak harus baru.
5. Memberikan nilai tambah usaha.
Usaha fotocopy ini pengeluaran terbesar biasanya itu di biaya listrik.Berikut ini salah satu contoh perhitungan kasar dari sebuah usaha fotocopy :
  • Pengeluaran Listrik 2-3 Juta/bulan
  • Gaji karjawan @800 ribu x2 orang = Rp. 1,6 Juta
  • Biaya Untuk Membeli Bahan Baku Bulanan :
  • 1,4 juta rupiah untuk beli kertas
  • 350 ribu  untuk beli tinta
Sehingga biaya operasional bulanan + bahan baku yang harus disediakan berkisar antara 6-7  juta/bulan.Rata-rata penghasilan pelaku usaha fotocopy ini adalah 30 % dari omset usaha.Jadi semisal pemasukan omset usaha fotocopy ini dalam sebulan adalah 10 juta rupiah, maka paling tidak dia mendapatkan keuntungan sampai 3 juta rupiah.

Tentunya besar kecilnya pendapatan banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti tingkat keramaian customer, jasa yang disediakan seperti misalnya layanan fotocopy, jilid buku, laminating dan penjualan ATK dan juga dari keahlian yang dimiliki oleh karyawan anda.

Membuka Usaha Usaha fotocopy bisa dikatakan sebagai bisnis yang tidak ada matinya. Tak bisa dipungkiri, banyak orang masih membutuhkan jasa dari sektor bisnis ini.
Segmen pasar seperti Pegawai, pelajar, mahasiswa, bahkan masyarakat umum memiliki kepentingan dengan usaha ini meskipun skalanya berbeda-beda.

Tertarik untuk membuka usaha fotocopy?
Berikut ini akan membantu anda untuk bisa membuka usaha fotocopy dengan sukses. 
Tips sederhana sebagai berikut :
  1. Pilih Lokasi (Tempat Usaha)
  2. Ini adalah trik pertama yang harus anda lakukan agar anda bisa menarik sebanyak mungkin konsumen. Selama ini, lokasi usaha fotocopy lekat dengan area perkantoran atau kampus, mengingat penghuninya adalah target utama bisnis. Anda bisa mencari lokasi serupa untuk membuka bisnis fotocopy. Jika memungkinkan, carilah tempat yang mudah dijangkau, tidak hanya oleh pegawai kantor atau civitas kampus/sekolah, tetapi juga masyarakat umum. Hal ini dapat memperluas pangsa pasar bisnis anda.
  3. Lakukan Riset Harga. 
  4. Agar harga yang anda tawarkan tidak terlalu mahal atau sebaliknya, cobalah kunjungi beberapa tempat penyedia jasa fotocopy untuk mengetahui harga pasaran selembar fotocopy Pilih harga yang terbilang cukup murah tanpa mengabaikan keuntungan. Dengan harga yang lebih murah daripada tempat lain, besar kemungkinan konsumen akan memilih tempat fotocopy anda dibanding yang harganya lebih tinggi, sepanjang anda bisa menjamin kualitas.
  5. Gunakan Mesin Terbaik .
  6. Belilah mesin fotocopy terbaik yang bisa memberikan hasil yang maksimal: jelas, tidak berbayang. Dengan tawaran hasil terbaik, apalagi jika anda menawarkan harga yang bersahabat, konsumen akan berpaling pada anda.
  7. Fasilitas Tambahan.
  8. Ingin meraup untung dobel? Tambahkan fasilitas tambahan di tempat fotocopy anda seperti komputer untuk rental/internet, menjual barang-barang sederhana dari kelompok alat tulis kantor, dan lain sebagainya.
  9. Promosi.
  10. Sama seperti memilih tempat usaha, promosi adalah satu hal yang tidak bisa tidak anda lakukan setelah usaha anda berdiri. Kreasikan promosi efektif yang bisa membuat usaha anda dikenal oleh masyarakat di sekitar lokasi fotocopy anda.
Nah untuk tempat usaha fotocopy ini dengan ukuran 12 meter persegi saja sudah cukup.
Justru yang harus anda pikirkan adalah menata tampilan usaha fotocopy dengan menarik misalnya mengatur etalase atau lemari kaca untuk menaruh kertas-kertas HVS, kertas warna, dsb.
Anda juga harus memiliki pemasok/suplier yang bisa memberikan harga kertas dan tinta dari usaha fotocopy ini dengan murah.

Bagi anda yang ingin memiliki mesin fotocopy, alangkah baiknya jika anda membeli dengan sistem kredit atau menyewa.
Dengan cara seperti itu maka modal awal yang dibutuhkan tidak akan terlalu besar.
Ada seorang karyawan tentunya dan anda sudah harus membuat sistem kontrol dan sistem usaha yang baik sehingga operasional usaha fotocopy anda bisa berjalan tanpa anda harus di lokasi setiap hari. Ok..Semoga Sukses


Artikel Lainnya : Klik Disini
Jika anda merasa artikel ini bermanfaat untuk anda, mohon di share agar artikel ini juga bermanfaat buat orang lain. Silahkan pilih logo Sosial Media dibawah ini. " Indahnya Berbagi " ....Terima kasih
Share

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Blog Archives

Peluang Bisnis


Copyright © 2015 - 2018 Blog Informasi Aneka Bisnis dan Usaha.
Design by 2H. Published by Amirullah Yunus. Powered by Blogger.
Creative Commons License