Memulai Usaha Catering Terbaru

Memilih memulai Usaha Catering juga salah satu ide yang bagus, hanya saja usaha catering ini membutuhkan stamina ekstra, kemampuan bekerja di bawah tekanan, dan keterampilan interpersonal yang sangat baik. Keberhasilan Anda dalam bisnis ini akan sangat tergantung pada reputasi Anda.
Memulai Usaha Catering
Permintaan terhadap Jasa penyedia makanan ini terus meningkat dari tahun ke tahun.
Penyebabnya adalah :
  • semakin meningkatnya jumlah rumah tangga yang berpendapatan tinggi.
  • Jumlah acara pernikahan semakin meningkat. 
  • Banyaknya acara-acara di perusahaan. Banyak perusahaan yang menggunakan jasa katering untuk melayani makan siang, dan pertemuan makan malam guna membangun citra dan meningkatkan penjualan perusahaan mereka.

Gaya hidup seperti ini memberikan peluang bagi Usaha katering

Bahkan konsep makan perlahan-lahan diubah oleh bisnis katering: daripada pergi ke restoran untuk memakan makanan terbaik, keluarga dapat menggunakan jasa katering untuk menyantap makanan yang sama di rumah.

LANGKAH AWAL YANG DIPERSIAPKAN UNTUK USAHA CATERING :
1. Tentukan jenis Usaha Catering mana yang anda pilih :
Catering Rumahan, Catering Makanan Anak, Catering Kantoran atau Catering Acara Khusus

2. Persiapkan modal yang dibutuhkan
Adapun modal yang dibutuhkan untuk :
  • Peralatan memasak. 
  • Untuk memasak 100 porsi misalnya, bisa dikerjakan dengan peralatan memasak yang ada dalam rumah tangga sehingga tidak perlu terburu-buru menanam modal hanya untuk membeli peralatan baru.
  • Ruangan / dapur
  • Untuk katering rumahan, ruangan khusus tidak perlu disiapkan. Namun sebaiknya tata dapur Anda sedemikian rupa untuk memudahkan pekerjaan dan tambahkan rak-rak khusus untuk tempat perlengkapan memasak.
  • Rak khusus untuk bumbu-bumbu dapur
  • Kalau perlu beri label pada tempat masing-masing bumbu untuk memudahkan proses memasak.
  • Keuangan
  • Sebagai pemula, biasanya Anda belum bisa berutang alias masih memakai modal sendiri. Modal yang Anda perlukan untuk berbelanja bahan makanan. Estimasi biaya yang diperlukan sekitar 500 – 2 juta rupiah. Tergantung banyaknya pesanan yang anda kerjakan. Cobalah dengan skala kecil hingga besar.
Memulai Usaha Catering

3. Persiapkan keterampilan yang harus dikuasai
Keterampilan yang harus anda miliki dalam usaha rumahan katering makanan adalah :
  • Aneka masakan dan variasinya. Memasak memang urusan selera, tetapi tetap ada standart tersendiri yang harus dikuasai. Bedakan standar ini dengan pesaing anda.
  • Anda harus pintar mengelola bahan-bahan makanan dan penggunaannya agar tidak boros dan terhindar dari kerugian.
  • Perhatikan cara memasak dan menyimpan hasil masakan dengan baik. Hal ini sangat penting untuk menghindari masakan menjadi basi/bau akibat penanganan atau penyimpanan yang salah.
  • Teknik berbelanja dan memilih bahan makanan agar lebih murah biayanya.
  • Informasi tempat berbelanja bahan makanan yang berkualitas baik dengan harga miring.Terkadang perlu sumber dari beberapa tempat untuk mendapatkan bahan makanan yang baik. Misalnya, untuk sayuran segar dan murah sebaiknya Anda beli di pasar A, tetapi untuk daging sapi lebih baik dibeli di pasar B. Membeli daging ayam dan sapi ada yang menggunakan pesan-antar.
  • Informasi tempat persewaan peralatan makan dan penyajian (pemanas, pemanas sup,pyrex) yang lengkap dan murah. Lebih baik Anda tahu lebih dari satu tempat persewaan untuk menghindari kekosongan barang pada saat-saat ramai.
  • Membina hubungan dengan siapa saja, bahkan dengan pesaing atau sesama pengusaha katering. Anda juga harus tahu harga yang ditetapkan pengusaha katering lainnya agar bisa menentukan harga yang pantas.
Untuk memulai USAHA CATERING tidak perlu memulai dengan melakukan investasi yang besar, untuk menjalankan dari awal bisa dengan modal yang relatif kecil anda bisa coba dengan merencanakan menerima pesanan prasmanan yang jumlahnya tidak banyak sekitar 25 sampai 50 orang. dengan menu tidak terlalu banyak ragamnya atau nasi kotak.

BACA JUGA : Cara Mencari Modal Usaha
Pemesan yang jumlahnya tidak terlalu besar biasanya bisa didapat dari saudara, teman, tetangga, atau kelompok sosial disekitar rumah.

Buat Jadwal kerja, apa saja yang sudah dilakukan mana yang belum. dan yang paling penting adalah sejauh mana anda berani mengambil keputusan untuk memulai usaha catering ini.

Dan terakhir adalah berdoa dan Bersedekah, kenapa bersedekah, karena dengan bersedekah dapat melancarkan usaha anda.

Demikianlah ulasan artikel "Memulai Usaha Catering Terbaru". Semoga bermanfaat bagi pembaca. Kuncinya "Berani mengambil keputusan".
Sumber : Internet, amirullahyunus.com

Selamat mencoba....Semoga Sukses...Aminnnn..

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat untuk anda, mohon di share agar artikel ini juga bermanfaat buat orang lain. Silahkan pilih logo Sosial Media dibawah ini. " Indahnya Berbagi " ....Terima kasih
Share
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Blog Archives

Peluang Bisnis


Copyright © 2015. Blog Informasi Aneka Bisnis dan Usaha.
Design by 2H. Published by Amirullah Yunus. Powered by Blogger.
Creative Commons License